Jumat, 03 Juni 2011

Kenalan dengan lumba-lumba yuk.!!


Lumba-lumba,,Teman- teman pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan mamalia laut  yg satu ini, hewan ini melambangkan persahabatan dan juga sosoknya yang ramah, lucu dan imut membuat manusia cepat akrab dan menyukai hewan yang satu ini.



Teman2 tau nd kalo lumba-lumba itu ternyata bukan ikan lho..! demikian juga paus, paus bukan ikan!!! pernyataan ini sangat jelas membantah sebutan masyarakat awam selama ini yang selalu menamakan lumba-lumba dengan sebutan ikan lumba-lumba. Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang sangat bersahabat dengan manusia, binatang ini merupakan binatang yang mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi sehingga lumba-lumba disebut sebagai binatang yang cerdas, selain itu mereka juga binatang yang ramah dan suka menolong. Dengan melewati pelatihan mereka dapat memahami perintah dengan baik dan dan tahu cara mematuhinya. Lumba-lumba adalah kerabat dekat paus dan pesut. sehingga sering disebut cetacean (sebutan umum untuk semua jenis lumba-lumba, dan paus).

Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba, salah satunya yang paling banyak dipelajari dan paling dikenal orang adalah lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates ). Lumba-lumba ini berkulit abu-abu agak sedikit gelap di bagian atas dekat sirip belakang, berwarna terang bahkan hampir putih di sisi bawah perut. Wajah lumba-lumba ini seperti terus tersenyum. Rahang yang memanjang di bagian atas dan bawah yang menyebabkan hewan ini disebut lumba-lumba hidung botol (bottlenose), meskipun lubang tempat bernapas (blowhole) berada di bagian atas kepala. Panjang rata-rata hewan dewasa jenis ini sekitar 2-4 meter dan beratnya 150-650 kilogram. Lumba-lumba jantannya lebih kurus dan memiliki populasi yang lebih besar dibanding rata-rata populasi betina. Ukuran lumba-lumba ini sangat bergantung pada habitatnya. Contohnya, lumba-lumba yang hidup di air yang bersuhu hangat akan memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding mereka yang hidup di air yang lebih dingin. Bagian ujung (cuping ekor) dan sirip belakang disusun dari jaringan yang padat, tapi tidak mengandung tulang atau otot. Hewan ini berenang melalui ujung ekor yang bergerak ke atas dan ke bawah. Sirip dada (di bagian sisi tubuh) berfungsi sebagai kemudi.
Di Indonesia sendiri ada lebih dari 30 jenis yang dapat ditemukan pada perairan Indonesia, termasuk diantaranya beberapa spesies langka dan terancam punah seperti paus biru (Balaenoptera musculus). Lumba-lumba termasuk hewan yang sangat sosial artinya mereka hidup dalam kawanan dan sangat respek terhadap kawannya didalam satu kelompok tersebut contohnya bila ada lumba-lumba yang sakit atau terluka maka lumba-lumba akan tetap berada dekat dengan yang sakit atau terluka tersebut, kemudian bila ada lumba-lumba yang melahirkan kawanan lumba-lumba membentuk lingkaran atau berenang melingkari guna melindungi yang akan melahirkan dari predator seperti hiu.
Keunikan lumba-lumba selain kecerdasannya adalah sistem komunikasinya yang menggunakan sonar dan kemudian teknologi ini digunakan dalam kapal selam. Selain itu kulit lumba-lumba yang tipis dan dapat memperkecil gesekan dengan air menginspirasi para perenang untuk membuat baju renang yang mirip dengan kulit lumba-lumba tersebut.

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.